Sekilas Sejarah

Sekilas Sejarah Ahbaabul Musthofa Undaan

Nama jam’iyah Ahbaabul Musthofa Undaan lahir dari sebuah grup rebana yang dimana grup tersebut menginginkan adanya perubahan dalam segi latihan rutinitas yang biasanya dipusatkan di pondok Al Ittihad. Perubahan yang ingin sekali dilakukan oleh grup tersebut yaitu dengan didirikannya sebuah Jam’iyyah yang dimana nantinya jam’iyyah tersebut akan melakukan latihan rutin dari rumah ke rumah anggota jam’iyyah.

Seiring dengan rencana progam yang akan dilakukan oleh grup tersebut, seorang yang bernama Sriyanto Memberi saran agar berkah dan langgeng jam’iyyah tersebut alangkah baiknya nama yang akan dipakai nanti dimintakan ijin dulu pada para habaib selaku keturunan nabi Muhammad s.a.w. karena sifat jam’iyyah kita adalah jam’iyyah maulid, dari sinilah keanggotaan kami aktif mengikuti pengajian diberbagai tempat sebagai seorang pengunjung.

Habib Syeh bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo Jawa Tengah Indonesia ini merupakan Tokoh ulama’ serta pelopor lahirnya jam’iyyah AHBAABUL MUSTOFA INDONESIA, beliau sering sekali memimpin maulid di daerah Kudus. Kami pun tidak ketinggalan dalam rangkaian acara maulid yang dihadiri oleh beliau, dan pada suatu ketika grup kami bersilaturrohim ketempat beliau sekaligus memintakan ijin untuk sebuah nama jam’iyyah kami, lahirlah sebuah nama AHBAABUL MUSTHOFA UNDAAN yang diberikan oleh beliau habib Syeh bin Abdul Qodir Assegaf.

Berawal dari inilah tanggung jawab kami bertambah, sebuah nama yang besar tentunya mempunyai tanggung jawab yang besar juga, nama Ahbaabul Musthofa ini bukanlah nama yang asing saat itu. Didaerah kami Kudus sudah ada kepengurusan jami’yyah Ahbaabul Musthofa tingkat kabupaten yang juga didirikan oleh Habib Syeh bin Abdul Qodir Assegaf. Nama Ahbbabul Musthofa Undaan adalah sebuah sub jam’iyyah dari Ahbaabul Musthofa Kudus, karena Undaan adalah sebuah kecamatan dari sekian kecamatan di kabupaten Kudus.

Generasi ke 5 dari sub generasi ke 4 grup Al Ittihad inilah yang sampai sekarang berperan dalam setiap aktifitas jam’iyyah dan ditambah banyak lagi personil yang ikut ke dalam jam’iyyah kami baik putra maupun putri, tua maupun muda, dan kepengurusanpun dibuat agar dapat terkoordinir dengan rapi.

Demikianlah kurang lebih alur sebuah nama Ahbaabul Musthofa Undaan dimulai, bila ada penulisan kami yang kurang ataupun malah salah kami mohon maaf, kritik dan saran kami harapkan dari para pecinta rosulullah. Tulislah kritik dan saran anda pada kotak komentar yang ada dibawah posting artikel ini, semoga menjadikan berkah kepada kita semua, amiin.

2 komentar:

  1. foto foto teman2 di upload donk, biar wajah2nya kelihatan semua. hhhh

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...aku jg pernah diajak sowan ke sebagian habaib dalam rangka konsultasi pembentukan jam'iyyah baru tsb, semoga istiqomah dan tambah berkembang.....!

    BalasHapus